Selasa, 17 Agustus 2010

Pemerintah-Newmont Kembali Negoisasi Harga

Pemerintah dan PT Newmont Nusa Tenggara kembali akan membahas harga tujuh persen saham Newmont jatah 2010. Pembahasan harga saham tersebut akan dilakukan di Kantor Direktorat Jendral Mineral Batubara dan Panas Bumi.

Komisaris PT Daerah Maju Bersaing (DMB) Heryadi Rachmat menuturkan, proses pembahasan harga saham tersebut diikuti masing-masing dua orang dari perwakilan pemerintah baik Provinsi NTB, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Sumbawa Barat.

"Besok (Rabu 18 Agustus 2010) jam sepuluh kami akan bertemu dengan PT Newmont untuk bernegosiasi," kata Heryadi kepada wartawan di Mataram, Selasa 17 Agustus 2010.

Heriyadi menambahkan, dalam pertemuan tersebut nantinya kedua belah pihak akan mencari titik temu untuk menuntaskan divestasi saham Newmont.

Sebelumnya pihak Newmont sudah mulai menurunkan harga saham untuk tujuh persen jatah 2010. Sedangkan pemerintah juga mulai menaikkan tawarannya.

Sementara itu, terkait angka saham menurut Heryadi masih berada pada kisaran angka US$400 juta. "Angkanya masih berkisar pada angka US$400 juta lebih dikit. Dengan harga seperti itu tampaknya masih terlalu mahal. Kita inginkan harganya sih sama dengan tahun sebelumnya, sebab kan nggak mencapai satu tahun tapi harganya sudah melonjak," ujarnya.

Kenaikan harga saham tersebut menurut Heriyadi, didasari beberapa faktor di antaranya kenaikan harga logam emas tembaga dan berdasarkan biaya rata-rata tertimbang modal atau WACC.

Pada pertemuan besok, diharapkan menemukan titik temu sehingga proses divestasi saham dapat dituntaskan. Menurutnya, pada November mendatang sudah ada pengumuman komposisi saham berdasarkan Surat Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Seperti diketahui, tiga pemerintah daerah yakni Nusa Tenggara Barat, Sumbawa, dan Sumbawa Barat bersama PT Multicapital membeli divestasi saham Newmont 2006-2009 sebesar 24 persen. Dalam pembelian itu, mereka tergabung dalam perusahaan patungan bernama PT Multi Daerah Bersaing.

Harga divestasi 10 persen saham periode 2006 dan 2007 senilai US$352 juta. Sedangkan untuk periode 2008 dan 2009, masing-masing tujuh persen hanya US$246,8 juta. Divestasi tujuh persen saham Newmont tahun 2010 ini lebih mahal dibanding tahun sebelumnya yakni sebesar US$444 juta atau setara Rp4,07 triliun.

0 komentar:

 
 
Copyright © 2012 Blog Dodol All Rights Reserved